-->

Cara menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang dari blog




Cara menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang dari blog
Blogger shavintech.com

Kamu mungkin sudah sering mendengar  kisah seorang blogger yang bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta sampai ratusan juta perbulan hanya dari menulis dan mengelola blog. tapi perlu kamu ingat uang yang mereka dapatkan dari ngeblog  tidak datang dengan sendirinya, tapi merupakan hasil dari kerja kerasnya selama bertahun-tahun.


Saya sendiri baru bisa menghasilkan uang setelah 3 tahun ngeblog. Waktu yang cukup lama karena saya belajar benar-benar dari nol. Waktu itu saya masih kelas 3 SMP dan mulai tertarik dengan dunia ngebloging  namun karna saya waktu itu tidak tau apa itu SEO dan cara membuat artikel dan juga peraturan usia yang mengharuskan publiser adsense berusia 18 tahun , barulah setelah saya berusaha dan belajar tentang cara ngebloging, SEO , dan juga mendaftar google adsense.

Setelah menunggu beberapa waktu akhirnya akun adsense saya di approve dan dapat digunakan untuk menampilkan iklan dan menghasilkan sedikit demi sedikit uang.

Tapi sebenarnya kamu nggak perlu nunggu sampai bertahun -tahun sperti saya untuk dapat menghasilkan uang dari blog yang kamu buat.

Satu tahun atau beberapa bulan saja menurut saya sudah bisa membuahkan hasil asal serius dan mau bekerja keras.
Yang pasti nggak ada ceritanya baru belajar ngeblog terus besoknya langsung kaya raya.


Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghasilkan uang dari blog

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Tanpa mempersiapkan hal-hal berikut ini, apa yang akan kamu lakukan saat ini tidak akan memberi hasil yang maksimal dimasa depan.





1. Niat

Yang paling utama adalah niat. Jika dari awal sudah tidak niat dan hanya setengah-setengah ingin menjadi soerang blogger maka hasilnya sudah pasti juga akan setengah-setengah.

Niatkan dengan hati yang mantap jika kamu ingin menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang dari blog. Dan yakinlah jika kamu mampu untuk melakukannya.




2. Sisihkan waktu luang


Jika kamu seorang pengangguran seperti saya mungkin waktu tidak begitu menjadi masalah. Tapi jika kamu seorang pelajar atau mungkin punya pekerjaan offline maka kamu harus pintar-pintar dalam membagi waktu.


Ngeblog merupakan sebuah aktivitas yang sangat boros waktu. Mulai dari mempelajari hal-hal teknis tentang blog, menentukan tema artikel,menulis artikel, melakukan promosi, dan lain sebagainya, semuanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.




 3. Punya modal

Membuat blog memang bisa dilakukan dengan gratis, mudah, dan nggak perlu ribet. Tapi jika kamut ingin serius, maka kamu tetap membutuhkan yang namanya uang. Entah itu untuk biaya koneksi internet, membeli kopi, atau yang lainnya, yang pasti nggak ada istilah gratis tanpa modal.

 
4. Punya skil

Banyak sekali blogger pemula yang baru bisa membuat blog dan masih bingung cara membuat artikel yang bagus  tapi malah  sedah memikirkan gimana caranya mendapat 10 juta perbulan dari blog.

Sebenarnya tidak ada yang salah jika kita ngeblog karena ingin mendapatkan penghasilan. Tapi kita juga harus menyadari  bahwa semua itu butuh proses, tak terkecuali ngeblog.
Jika kamu masih baru belajar ngeblog, maka lebih baik pelajari dulu hal-hal dasar tentang blog sampai bisa ngeblog dengan baik dan benar. Jika sudah memiliki kemampuan ngeblog yang cukup, selanjutnya barulah kamu memikirkan cara monetisasi blog supaya blog yang kamu buat bisa menghasilkan uang.



Setelah kamu memahami  hal- hal diatas kamu juga harus memahami jenis-jenis blog yang dapat menghasilkan uang.
Pada awalnya fungsi blog hanyalah sebagai tempat untuk menulis diary ataupun hobi. Itulah kenapa dulu blog rata-rata isinya tentang hal-hal pribadi dari pemilik blognya.
Namun sering dengan bertambahnya pengguna  dan  fungsinya.blog saat ini memiliki banyak sekali jenis sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

Untuk kamu yang ingin menghasilkan uang dari blog, kamu perlu mengetahui dan memahami jenis-jenis blog yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang.
Kenapa?

Karena:
  • Tidak semua jenis blog cocok untuk dimonetisasi
  • Tidak semua jenis blog bisa menggunakan strategi promosi yang sama
  • Tidak semua jenis blog bisa menggunakan metode monetisasi yang sama
  • Tidak semua jenis blog cocok untuk sobat
Jika kamu memilih jenis blog yang salah, menggunakan strategi promosi yang kurang tepat dan menggunakan metode monetisasi yang kurang pas, maka bisa dipastikan blog kamu akan kurang maksimal memberikan penghasilan.

Dari sekian banyak jenis blog yang ada di internet, setidaknya ada tiga jenis blog yang paling umum digunakan untuk menghasilkan uang oleh blogger Indonesia maupun blogger luar negeri.
Berikut ini adalah tiga jenis blog tersebut:
  1. Authority Blog
  2. General Blog
  3. Niche Blog


Di bawah akan saya jelaskan detail tentang ketiga jenis blog tersebut dan cara monetisasinya.

1. Cara menghasilkan uang dari Authority Blog

Authority blog atau bisa disebut juga sebagai blog otoritas adalah jenis blog yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian atau hobi yang bisa dibagikan ke orang banyak.
 
Secara sederhana jenis blog ini merupakan sebuah blog yang fokus pada satu topik atau tertentu sesuai dengan hobi atau keahlian dari pemilik blog.

Tujuan utama dari jenis blog ini adalah manjadi sumber informasi yang terpercaya dengan memberikan konten yang berguna dan bermanfaat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca.

Karena konten yang disajikan begitu unik, original, serta berkualitas, jenis blog ini umumnya memiliki banyak pembaca setia.


Blog otoritas di Indonesia menurut saya masih cukup jarang ditemuni, rata-rata kebanyakan hanya seputar bisnis online, blog, SEO dan yang sejenisnya. Padahal masih banyak sekali niche yang belum tersentuh. itu artinya masih banyak kesempatan untuk kamu mulai mengembangkan authority blog.


Contoh sederhana adalah blog saya ini.  Blog saya ini berisi artikel yang berasal dari pengalaman dan hobi saya . Yaitu tentang pengalaman saya dalam bidang Teknologi , bisnis offline - online ,pasar modal juga  forex. 

Keuntunganyang didapat dengan membuat blog seperti ini adalah:
  • Bisa menggunakan banyak model monetisasi, dari iklan, jual produk, jasa, afiliasi, paid review, kontes, dll.
  • Mampu bertahan lama dan bisa dijadikan sebagai aset jangka panjang karena ngeblog sesuai dengan hobi dan keahlian.
  • Tidak harus bergantung pada mesin pencari untuk mendapatkan pengunjung. karna kita bisa menggunakan motode promosi apa saja, dari media sosial, forum, atau bahkan promosi offline.
  • Tidak memerlukan pengunjung yang sangat banyak. Yang sobat butuhkan hanyalah pengunjung yang setia.
  • Dapat membantu orang lain dengan pengetahuan yang kita miliki.

Metode Monetisasi Authority Blog

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, untuk memonetasi authority blog bisa menggunakan berbagai macam cara. Tapi meskipun begitu kamu tetap harus mencari cara yang benar-benar efektif.

Berikut adalah beberapa metode monetisasi paling cocok untuk Authority Blog:
  • Menjual produk produk sendiri di blog
    Jika blog kamu memiliki pengunjung yang banyak Menjual produk sendiri merupakan sebuah pilihan utama. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri kamu bisa mendapatkan keuntungan 3 sampai 10 kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.Namun cara ini tentu saja bukan hal yang mudah. Karna kamu harus memiliki produk sendiri yang bisa dijual.
  • Menjual produk orang lain (Afiliasi)
    Bagi kamu yang belum punya produk sendiri, mengikuti program Afiliasi bisa menjadi pilihan tepat.Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.

  • Memasang iklan PPC 
    Ini merupakan metode monetisasi paling umum untuk semua jenis blog, yaitu dengan memasang iklan PPC atau Pay Per Click.Google AdSense merupakan layanan iklan PPC yang paling populer karena bayarannya yang cukup tinggi.
    Tapi selain AdSense masih banyak lagi situs monetisasi yang dapaat dijadikan alternatif untuk jika blog yang kamu punya belum memenuhi syarat program google adsense. Kamu bisa memilih alternatif seperti, Media.net, Chitika, Kliksaya, IdBlogNetwork, dll.
     
  • Menawarkan  iklan mandiri
  •  Selain ikut program iklan PPC kamu juga bisa menawarkan  iklan mandiri. Tentu saja dengan traffic blog kamu yang tinggi kamu  juga dapat memasang harga tinggi untuk iklan yang dipasang di blog kamu.

2. Cara menghasilkan uang dari General Blog

Yang kedua adalah general blog atau blog yang memiliki topik bahasan yang luas. Banyak blogger yang lebih suka menyebut jenis blog ini sebagai blog berita atau blog gado-gado.

Alasan kenapa blog ini lebih banyak digemari adalah karena untuk mengelola blog ini sobat tidak perlu pusing-pusing memilih topik blog. Sobat bisa menulis apa saja yang sobat mau.
Nah bagi sobat yang tidak mempunyai keahlian, hobi, atau minat yang bisa dijadikan topik blog, maka mengelola general blog merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih.

Meskipun secara pribadi saya kurang menyukai jenis blog ini, tapi sebenernya jika dikelola dengan serius, jenis blog ini juga bisa menghasilkan uang yang lumayan.

Kelebihan General Blog
  • Kamu dapat menulis artikel apa saja yang kamu mau. Dari berita, informasi, tips, tutorial, ataupun resep masakan semuanya bisa kamu tulis.
  • Selain itu kamu juga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama agar blog kamu dapat di memonetisasi. Selama blog kamu sudah memiliki pengunjung maka kamu bisa langsung memonetisasinya.
Kekurangan Genaral Blog
  • Metode monetisasi  terbatas karena tidak semua metode monetisasi cocok untuk jenis blog ini.
  • Penghasilan sangat bergantung dengan jumlah traffik. Kamu membutuhkan trafik puluhan ribu sampai ratusan ribu jika ingin melihat hasil yang lumayan.
  • Kamu juga harus rajin memposting artikel karena semakin banyak postingan artikel akan semakin banyak pula pengunjung blog kamu.
  • Jenis blog ini cenderung tidak mampu bertahan lama dan sumber trafiknya begitu bergantung pada mesin pencari.
Metode Monetisasi Genaral Blog

Metode monetisasi paling umum untuk jenis blog yang satu ini adalah dengan memasang iklan.Iklan yang dapat di pasang di blog jenis ini antara lain :
  • Iklan PPC
    Iklan PPC sesuai yang sudah dijelaskan di atas.
  • Iklan CPM
    Berbeda dengan iklan PPC, iklan CPM (Cost Per Million) dibayar setiap blog sobat mendapatkan 1000  kunjungan. Artinya pengunjung tidak harus mengklik iklan.
  • Iklan Mandiri
    Iklan Mandiri sesuai yang sudah dijelaskan di atas.

3. Cara menghasilkan uang dari Niche Blog

Jenis blog yang terakhir bisa dibilang hampir sama seperti authority blog, yaitu fokus pada satu topik atau niche tertentu.

Yang membedakan niche blog dengan authority blog adalah, jenis blog ini umumnya dibuat oleh orang yang tidak benar-benar ahli dalam topik blog yang mereka pilih karena tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan uang.

Selain itu jangan heran jika blog seperti ini rata-rata memiliki konten yang kurang berkualitas karena biasanya isi kontennya hasil menulis ulang atau hasil menyewa jasa penulis artikel.


Kelebihan Niche Blog
  • Kamu tidak perlu ahli dengan topik yang dibahas, tinggal sewa jasa penulis artikel urusan beres.
  • Karena topiknya spesifik jadi tidak perlu mempublish banyak artikel.
  • Lebih gampang dijual
Kekurangan Niche Blog
  • Butuh modal karna harus menyewa jasa penulis
  • Sulit mencari niche yang bagus
Metode Monetisasi Niche Blog
Sejauh yang saya tahu, berikut ini adalah beberapa metode monetisasi yang sering digunakan untuk jenis blog ini:
  • Iklan PPC dari AdSense
  • Program Afiliasi Amazon, Clickbank, dll.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Semua metode-metode yang sudah saya tulis di atas adalah metode yang sudah terbukti.

Dan percaya atau tidak, selain yang sudah saya tulis di atas, masih banyak cara-cara lain yang bisa dilakukan.Saran saya, jika memang kamu baru belajar ngeblog, maka jangan jadikan uang sebagai fokus utama. Soalnya saya yakin tidak perlu waktu lama kamu bakalan memutuskan untuk berhenti ngeblog.
Karna ngeblog itu perlu waktu dan kesabaran.
Jika dari awal kamu sudah menganggap menghasilkan uang dari blog seperti membalikan telapak tangan, itu adalah anggapan yang salah.

Lebih baik untuk diawal-awal akan lebih baik jika  kamu memfokuskan untuk belajar ngeblog dulu. Meskipun tidak menghasikan apa-apa, ngeblog masih memiliki banyak manfaat lain. Dari meningkatkan kemampuan menulis, lebih paham teknologi, dan yang paling penting bisa membantu orang lain melalui tulisan yang kita buat.









0 Response to "Cara menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang dari blog"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel